Kamis, 22 September 2011

Sedikit Membahas MYOB


Dear,,,
Setelah lama vakum dan berniat meninggalkan blog saya ini, akhirnya ada alasan untuk saya kembali menulis di blog ini, ya mungkin dengan penuh keterpaksaan tapi ada juga sedikit rasa semangat yang telah lama mati semenjak kegagalan saya di kampus pertama.
Alasan saya menulis kembali blog ini karena saya mendapat tugas dari dosen baru saya Mrs. Sofi yang merupakan dosen mata kuliah pengantar teknologi informasi dan komunikasi, sebenernya simpel aja si tugasnya, kita cuman diminta mereview salah satu software yang ada didunia ini, nah masalahnya lebih ke pemilihan. Software apa yang harus saya bahas?
Finaly saya menemukan ilham yang datangnya dari pemikiran masa depan saya, nah loh? Bingung kan? Sama!. Ok guys, saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapat dari diskusi saya dengan “mbah” google, si “mbah” yang satu ini tahu banyak hal loh, apapun yang kalian tanya dia pasti jawab..:D
Oh ya kalian pernah tau MYOB? Atau setidaknya denger deh? Kalau belum denger bagus deh jadi kalau ada yang salah juga kalian ga bisa mengkritik saya (halah itu pikiran anak kecil yang takut di kritik mah)
Ayo mulai! MYOB atau “Mind Your Own Business” merupakan program akuntansi yang digunakan untuk mengotomatiskan pembukuan secara lengkap, cepat, dan akurat. Jadi sebenarnya MYOB ini dibuat untuk mempermudah proses pembukuan atau laporan keuangan yang dibutuhkan baik perseorangan atau perusahaan. perusahaan  MYOB sendiri didirikan pertama kali pada tahun 1991 di australia, lalu kemudian disebarluaskan ke berbagai negara didunia termasuk Indonesia.
Sekarang ini MYOB sudah banyak versinya namun karena masih permulaan mengenal MYOB saya tidak akan membahas jenis-jenisnya atau versi MYOB secara besar-besaran, namun ada beberapa hal yang layak untuk saya bagikan yaitu tentang perbedaan MYOB Accounting versi 15.0 dan Premier versi 9.0, nah perbedaannya yang saya tahu yaitu, MYOB Accounting versi 15.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan satu sistem mata uang (single currency). Ex, rupiah. Kegiatan administrasinya pun hanya menggunakan satu komputer saja. Sementara MYOB Premier 9.0 digunakan untuk kegiatan administrasi perusahaan yang memiliki transaksi dengan berbagai mata uang (multi currency). Ex, IDR dan U$$. Kegiatan administrasinya biasanya melibatkan banyak komputer yang berhubungan satu sama lain (integrated networking). Cukup jelas kan? Mudah mudahan saja ya.
Namun dengan berkembangnya informasi keuangan yang bersifat urgent, diperlukan suatu instrument pengolahan data-data keuangan menjadi informasi keuangan yang bersifat final. Maka dari itu MYOB hadir sebagai software yang mampu mengolah setiap input data menjadi output informasi secara cepat. Namun perlu diketahui bahwa MYOB dibuat untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan. Menutup kemungkinan bahwa software MYOB bisa dioperasikan untuk pembuatan laporan keuangan pada system akuntansi dasar.
Nah disini juga bakal dijelasin beberapa kegunaan MYOB diberbagai bidang misalnya;
MYOB dalam kegiatan perusahaan bias berfunsi sebagai: Alat bantu orang – orang untuk menyelesaikan pekerjaan akuntansi, Menghemat waktu dalam mengelola dan menjalankan pembukuan, Mengerti lebih dalam bisnis, membantu kita dalam proses penjualan dan pembelian, track piutang dagang (receivable), hutang dagang (payables) and pajak (GST), email your quotes dan invoice dan banyak lagi – semuanya hanya dengan meng-klik beberapa tombol saja, Mengelola barang dagangan, Untuk memenuhi kebutuhan akuntansi perusahaan,dll
Sedangkan Peranan MYOB dalam  siklus akuntansi perusahaan jasa adalah sebagai berikut: Sebagai alat komunikasi untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam proses implimentasi dalam pengoperasian MYOB, dan Sebagai alat untuk mempermudahkan kita untuk mencatat transaksi dalam perusahaan jasa.
Untuk Fungsi & fasilitas MYOB sendiri kalian bisa membaca tulisan di bawah ini.
Dalam aplikasinya (Applied) MYOB mempunyai berbagai fungsi dan fasilitas-fasilitas (fitur). Seperti dalam baris menu yang terdiri dari delapan kelompok menu pilihan untuk mengakses perintah, sub menu dan kotak dialog: File, Edit, Lists, Command Centres, Setup, Reports, Window, dan Help.
Sedangkan pada Modul Command Centre terdiri dari delapan modul, yang merupakan pembagian dari kegiatan akuntansi, meliputi: Accounts, Banking, Sales, Time Billing, Purchases, Payroll, Inventory, dan Card File. Dalam pengelompokan akun, MYOB sedikit berbeda dengan teori akuntansi. Hal ini untuk efisiensi dan kemudahan penggunaan saja. Jumlah Digit Akun: Akun (Accounts) dalam MYOB terdiri dari 5 digit (X.XXXX). dan untuk tipe Akun (Account Type) MYOB membagi 8 kelompok akun, yaitu: Assets (kelompok aktiva), Liability (kelompok kewajiban), Equity (kelompok ekuitas), Income (kelompok Penghasilan/Penjualan), Cost Of Sales (kelompok harga pokok penjualan), Expense (kelompok beban), Other Income (kelompok penghasilan lain-lain), Other Expense (kelompok beban lain-lain). Dalam hal penentuan tipe header dan detail, header digunakan untuk setiap akun yang masih memiliki akun anak, biasanya untuk jenis akun kelompok, sedangkan Detail digunakan untuk setiap akun yang tidak memiliki akun anak lagi; biasanya untuk akun subkelompok. Dalam hal ini setiap akun detail harus disesuaikan (mengatur level akun) berdasarkan header masing-masing kelompok dengan menggunakan UP; untuk menggeser akun ke kiri dan Down; untuk menggeser akun ke kanan.
Dalam tahapan pembuatan data baru, setiap user (pengguna) dihadapkan pada tiga pilihan pada bagian Accounts List: 1. I would like to start with one of the lists provided by MYOB Accounting (menggunakan akun-akun yang sudah disediakan oleh MYOB), 2. I Would like to import a list of accounts provided by my accountant after I’m done creating my company file (menggunakan akun-akun yang sebelumnya di buat di Ms. Excel untuk kemudian di import dalam MYOB system), 3. I would like to build by my own accounts list once I begin using MYOB (menggunakan sebagian dari akun MYOB dan selanjutnya membuat akun-akun sendiri-sesuai dengan kebutuhan recording). Ketika dalam kondisi memilih import maka user tersebut diharuskan mengimport akun-akun yang sudah di format dalam bentuk Text (Tab delimited) di Ms. Excel (lebih detailnya lihat pada penjelasan materi Import yang lalu). Begitu pula pada saat penggunaan linked accounts (akun yang terhubung dengan akun lain): Pada posisi Accounts & Banking Accounts (akun buku besar dank as/ bank), Sales Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam penjualan), Purchases Linked Accounts (akun-akun yang terkait dalam transaksi pembelian, Payroll Linked Accounts (berkaitan dengan penggajian). Untuk mengisi daftar relasi menggunakan Card File, yang terdiri dari bagian Customer (pelanggan), Supplier (pemasok), Employee (karyawan), dan Personal (individu)-untuk penjelasan detailnya lihat catatan yang lalu.
Bukti Transaksi & Entri Data, menggunakan modul Banking, khusus mencatat transaksi penerimaan dan pengeluaran kas bank-untuk penjelasan detailnya lihat catatan yang lalu. Dalam tahapan penginputan setiap bukti transaksi keuangan perlu diklasifikasikan terlebih dahulu. Berdasarkan sistem dan prosedur penerimaan kas (receive money) berbeda dengan berdasrkan sistem dan prosedur pengeluaran kas (spend money). Bukti transaksi pada hakekatnya sebagai dasar dalam pengolahan untuk dijadikan informasi keuangan. Ketika terjadi suatu pengeluaran tanpa dilandasi dengan adanya bukti pengeluaran maka bisa terjadi kesalahan interpretasi. Bukti transaksi juga sebagai catatan historis yang menunjukan spesifikasi kegiatan beserta jumlah nominal yang tertera.
MYOB Accounting Software memudahkan anda dalam mendesign accounting process sesuai dengan kehendak anda sehingga lebih mudah digunakan ketika mencari informasi tentang bisnis anda. Dengan MYOB Accounting’s powerful inventory management system, anda akan dapat dengan mudah mengetahui secara tepat jumlah stock jumlah pemesanan dan berapa yang sudah komit (committed).
MYOB Accounting Software dapat melakukan analisa atas bisnis anda dengan lebih dari 160 cara,sehingga banyak orang yang menggunakan software ini
Lebih mudah membuat keputusan dalam bisnis jika anda mempunyai informasi yang tepat dan sangat detail:
- Lebih dari 160 laporan dan chart
- Nilai Profit & Loss dan Balance Sheet terbaru
- Membuat laporan yang menyeluruh kemudian rubah menjadi Microsoft Excel file untuk melakukan analisa lebih dalam.
- Email atau save semua laporan ke disk untuk accountant anda
- Gunakan Company Data Auditor untuk mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda,dll
Saya rasa sekian postingan saya saat ini, mohon maaf jika kesannya saya hanya merepost artikel-artikel yang sudah ada sebelimnya, tapi saya mohon pemaklumannya karena saya masi jauh dari kata “bisa”, saya kan masih belajar…..:D
Oh iya artikel ini saya dapatkan dari berbagai sumber, ini diantaranya:
Daftar Pustaka
http://blog.uad.ac.id/toro/2011/04/05/sejarah-perusahaan-myob/
http://berbagiinfo.blogdetik.com/2010/01/04/apa-itu-myob/
http://www.sejutablog.com/buku-myob-indonesia-versi-terbaru-video-5-jam/
http://www.beritanet.com/search.php?text=sejarah%20dan%20perkembangan%20myob
http://online.vinnan.com/aplikasipilihan
sekian dulu ya…terimakasih,,dan mohon masukannya,,:D


Tidak ada komentar:

Posting Komentar